Blog Tentang Komputer dan Tugas
Home » » MAN IN THE MIDDLE ATTACK

MAN IN THE MIDDLE ATTACK

Penulis : AzizRafiAnas(ajikbalon) on Rabu, 13 November 2013 | 11/13/2013 09:02:00 PM

MITM ATTACK

Mungkin banyak yang mengira tujuan dari serangan MITM untuk menyadap komunikasi data rahasia, seperti sniffing. Sniffing bisa disebut sebagai passive attack karena attacker tidak melakukan tindakan apa² selain memantau data yang lewat. Memang benar dengan serangan MITM, seorang attacker bisa mengetahui apa yang dibicarakan oleh dua pihak yang berkomunikasi. Namun sebenarnya kekuatan terbesar dari MITM bukan pada kemampuan sniffingnya, namun pada kemampuan mencegat dan mengubah komunikasi sehingga MITM attack bisa disebut sebagai jenis serangan aktif.

1.1. Proses terjadinya serangan MITM 

      seorang attacker akan berada di tengah-tengah komunikasi antara dua pihak Seluruh pembicaraan yang terjadi di antara mereka harus melalui attacker dulu Sehingga seorang Attacker dengan leluasa melakukan penyadapan, pencegatan, pengubahan bahkan memalsukan komunikasi.


1.2. Arp Poisoning

ARP adalah protocol yang berfungsi memetakan ip address menjadi MAC address. Sebagai penghubung antara data link layer dan ip layer pada TCP/IP. Semua komunikasi yang berbasis ethernet menggunakan protocol ARP ini. Intinya setiap komputer atau device yang akan berkomunikasi pasti akan melakukan transaksi atau tukar menukar informasi terkait antara IP dan MAC address transaksi akan disimpan di dalam cache OS Anda.


1.3. Konsep serangan
  • 1.3.1. Before  After
Melakukan routing pertama kali pada network kita untuk mengetahui siapa dan ada berapa yang terhubung dengan jaringan tersebut.

 

+ komentar + 1 komentar

9 Maret 2022 pukul 21.05

"Thank you for nice information
Please visit our website unimuda and uhamka"

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Aziz Rafi Anas . All Rights Reserved.
This Owner Is AzizRafiAnas | Support by CYBER WIZARD | Powered by Blogger